Pemasaran merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Inti dari pemasaran adalah pertukaran karena didalam pertukaran terkandung unsur nilai dan ukuran dari barang yg akan dipertukarkan. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
kegiatan-kegiatan pemasaran adalah sebagai berikut:
- pengembangan produk
- penelitian komunikasi
- distribusi
- penetapan harga
- pelayanan
Strategi Pemasaran merupakan cara/langkah untuk memasarkan produk agar sesuai dengan target pasar. Langkah-langkahnya adalah:
- mementukan STP
- 4p (price,product,place,promotion)
risset pasar adalah merupakan suatu kegiatan meneliti dan mempelajari masalah masalh yg muncul dalam bidang pemasaran. dalam pelaksanaanya harus memperhatikan kepuasan konsumen. pengusaha perlu melakukan riset pasar untuk menjaga kelangsungan hidup usaha mereka
Sasaran uatama riset pasar adalah masyarakat konsumen dan industry karena segala kebutuhan dan keinginan mereka menjadi pendorong terciptanya kesempatan di pasar. tujuan riset pasar adalah untuk memperoleh informasi antara lain mengenai:
- identifikasi kesempatan pasar
- mengetahui besarnya peluang
- menentukan segmentasi pasar yg akan dipilih
- mengetahui keadaan perusahaan pesaing
- mengetahui saluran distribusi
- prospek pemasaran dalam jangka panjang
- memahami masyarakan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar